aMAN

Rp26,000.00

Penulis : elen yulance
ISBN : 978-602-6648-87-7
Tanggal Terbit : Agustus 2019
Jumlah Halaman : 54 halaman
Berat Buku : 250 gram
Dimensi : 13 cm x 19 cm
Harga : 26.000

 

Description

Sinopsis aMAN

Pada waktunya, segala sesuatu akan terbuka dan terpajang. Aku menyakininya sebagai kebenaran. Bertahun-tahun aku hidup dan melihat berbagai rupa manusia. Terkadang ia berusaha menebalkan temboknya dan menutupi segala sesuatu yang ada di dalam dirinya. Atau, ia meruntuhkan tirainya dan menghadapkan dirinya kepada khalayak umum. Aku tertawa jika hal-hal ini terjadi dengan nyatanya di depan biji mataku. Namun, setelahnya aku akan menangis karena aku juga bagian dari mereka.

Hidup mengajarkan tiap insani untuk membuat perlindungan. Rasa sakit, kecewa, dan perasaan ditipu yang terjadi terus-menerus, membentuk insani tersebut. Aku tidak hanya mengatakannya tentang manusia. Demikian juga, tumbuhan. Mereka dilengkapi dengan segala sistem perlindungan diri, karena hidup itu keras dan susah. Beberapa memiliki duri dan yang lainnya memiliki racun. Namun, ada kalanya insani merasa lelah dan menunjukkan siapa ia sebenarnya. Ini juga sebenarnya merupakan usaha akhirnya dalam melindungi diri.

Aku melihatnya terjadi pada diriku. Beberapa rahasia kututupi dengan sejuta kata-kata indah dan senyuman, hanya untuk mengelabui sekitar. Beberapa aku buka, karena hanya demikian aku bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan kehadiran dari sekitar. Terkadang, keberadaan insani lain menjadi rasa aman yang kucari. Terkadang tontonan di bioskop, atau terkadang makanan lezat dalam pengecapan manusia. Mungkin berbeda dengan dirimu yang sedang membaca ini. Aku tidak tahu dengan apa biasanya engkau mencari rasa aman itu. Tapi yang pasti, tiap insani, pasti memiliki barang satu saja, jika tidak mungkin dua, bagaimana ia melindungi dirinya.

Aku tidak pernah menyalahkan mereka yang melakukannya terhadapku. Membentuk perlindungan atau membuang kepalsuan mereka dan menunjukkannya kepadaku. Yah, walau artinya selama ini mereka berbohong kepadaku. Karena toh, aku juga demikian. Aku menerima apa yang mereka lakukan, tapi terkadang karena kemanusiaanku, aku sakit hati dan memilih untuk tidak melihat mereka lagi dalam sisa aku bernapas. Dan mungkin juga demikian mereka yang pergi meninggalkan aku. Entah mereka tersakiti atau kecewa hingga meradang hati. Yah, beginilah hidup. Alirannya selalu sama, tapi airnya tidak pernah sama.

Hanya saja, ada beberapa hal yang kujaga untuk tidak aku lakukan terhadap orang sekitarku. Aku selalu berusaha untuk tidak menjadikan kelemahan terbesar mereka sebagai perlindunganku. Agak bajingan saja rasanya menjadi batu di atas lumpur. Toh, karena beratnya, bukankah suatu saat batu tersebut akan tertutup lumpur? Aku juga selalu berusaha menjaga apa yang kuucapkan adalah apa yang kulakukan. Ini memang susah. Tidak juga aku berhasil seratus persen, tapi tidak juga aku gagal seratus persen. Dan yang terakhir, aku selalu berusaha untuk tidak memandang kejatuhan seseorang sebagai kesempatan menilai hidupku baik dan nyaman. Biasanya hal terakhir inilah masa yang paling tepat membuat seseorang membuka tirai yang menutupinya. Menunjukkan siapa dirinya yang sebenarnya. Siapa tidak senang dengan perasaan aman? Apalagi saat bisa melihat keamanan itu tidak dimiliki yang lain. Tentu hebat menjadi berbeda. Sadar atau tidak, kamu yang membaca ini, pasti pernah melakukannya. Sedih melihat teman mendapat nilai jelek, tapi marah saat kau mendapat nilai lebih jelek darinya.

Hidup memang keras dan susah. Membuat insani memiliki tujuan berbeda dengan saat ia dilahirkan dan menjadikannya juga berbeda dari keadaan ia seharusnya. Tapi, seberapa besar pun hal yang kita alami dan seberapa besar pun usaha kita untuk melindungi diri, ada baiknya kita tetap melihat sekitar dan tidak menyakiti mereka. Karena mereka adalah rasa aman terbesar yang kita miliki untuk bertahan hidup.

—-

Di mana beli buku ini?

  • Pesan melalui CS Stiletto (WA: 0881-2731-411)
  • Beli melalui marketplace:
    ✅✅ Tokopedia: penerbitstiletto
    ✅✅ Shopee: Penerbit_StilettoBook

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “aMAN”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *