Ini Dia 10 Hobi yang Menghasilkan Uang

Categories: Artikel
No Comments

Melakukan hobi yang menghasilkan uang itu sangat menyenangkan! Hati senang, dompet pun tenang!

Yes, dan melakukan hobi yang menghasilkan uang tentunya bikin kamu menjadi lebih semangat untuk melakukannya. Bener nggak, Stilovers?

Pastinya semua orang memiliki hobi yang dilakukannya entah itu tiap hari, seminggu sekali atau ada waktu tertentu untuk melakukannya. Apa sih yang membuat hari kita semakin passionate, bersemangat? Pasti salah satunya adalah menekuni hobi. Dengan melakukan aktivitas yang sesuai hobi kita, yakin deh hidup kita akan semakin berwarna.

Melakukan hobi biasanya cara tepat untuk menghabiskan akhir pekan kita. Selain itu, hobi adalah salah satu cara untuk kita melepaskan kepenatan dari rutinitas yang kita jalankan sehari-hari. Dan bisa jadi berawal dari hobi, kamu bisa mendapatkan pundi-pundi uang lo!

Hobi jadi Bisnis

Hobi bukan hanya untuk orang dewasa, tetapi juga bisa dilakukan mulai dari balita sampai dewasa. Menurut buku Hobi Jadi Bisnis, banyak manfaat yang bisa kita ambil dari sekadar melakukan hobi, yaitu:

  • Hobi memberi alasan kita untuk bisa rehat dari rutinitas sehari-hari.
  • Hobi mendorong kita untuk melakukan hal-hal yang lebih baik lagi, untuk mencapai hasil yang juga terbaik.
  • Hobi menjadi katarsis stres
  • Hobbies can make you connected to other people
  • Hobi menambah kepercayaan diri
  • Hobi bisa menjadi salah satu alternatif penghasilan

Dari beberapa manfaat hobi yang sudah disebutkan di atas, manfaat hobi yang menghasilkan uang tentunya mempunyai daya tarik sendiri untuk kamu lakukan. Betul nggak, Stilovers.

Nah, apa saja sih hobi yang menghasilkan uang itu? Sebenarnya hampir semua hobi bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan, asalkan kita kreatif. 10 hobi berikut hanya sedikit contoh saja.

Ini dia 10 hobi yang menghasilkan uang, apakah salah satunya adalah hobimu?

1. Olahraga

Sebagian besar kamu mungkin memang sudah hobi olahraga ya, Stilovers? Salah satu olaharaga yang lagi hits sekarang ini adalah yoga.

Mungkin sebagian dari kamu sudah sering melakukannya? Atau malah sudah rutin? Bisa lo, yoga ini dijadikan sebagai hobi yang menghasilkan uang. Caranya? Kamu bisa menjadi instruktur yoga!

2. Bermain games

Bermain video games nggak selamanya bernilai negatif. Masih ada kok nilai positifnya, yaitu bisa melepas kepenatan atau stres.

Kalau kamu memang serius menekuni hobi yang satu ini, kamu bisa juga mendapatkan penghasilan darinya. Ada lo perusahaan games yang meng-hire para gamers untuk menjadi beta tester, menguji games-games terbaru mereka apakah layak dirilis untuk publik. Selain itu, kamu juga bisa mencoba membuat aplikasi games untuk kemudian kamu jual di Google Play, dan pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan games.

3. Menjahit atau menyulam

Sejak hadirnya produk rumah tangga handmade quilting, hobi menyulam atau menjahit ini jadi naik daun lagi. Dulu hobi ini hanya dilakukan oleh nenek kita. Tapi sekarang hampir menjamah semua kalangan, baik dari remaja maupun usia lanjut.

Dengan menekuni hobi yang menghasilkan uang satu ini kamu bisa melepas stres dan meningkatkan fokusmu, Stilovers.

4. Menggambar

Hobi menggambar sekarang ini digandrungi banyak kalangan. Misalnya seperti doodling dan hand lettering. Hobi ini juga bisa meningkatkan fokus kita, melepas stres, dan yang pasti, hobi ini adalah salah satu hobi yang menghasilkan uang juga.

Kamu bisa menjadi penyedia jasa dekorasi mural dengan doodle atau hand lettering. Kemampuan kamu ini akan bisa dimanfaatkan oleh pengusaha kafe atau resto untuk mendekor ruangan agar tampil instagramable dan menarik pengunjung.

5. Membuat kerajinan tangan (Crafting)

Hobi crafting banyak banget tutorialnya di Youtube. Kalau diseriuskan belajar, bisa jadi hobi yang menghasilkan uang banyak nih.

Kamu bisa ambil salah satu bidang yang dikuasai, misalnya kamu ingin membuat berbagai craft untuk digunakan sebagai dekorasi rumah, atau mungkin bikin pernak-pernik sebagai aksesori fashion, dan sebagainya.

Naskah Buku Fiksi - hobi yang menghasilkan uang

6. Menulis

Penulis buku, penulis artikel, dan bloger adalah beberapa profesi yang biasanya dijalani oleh orang-orang pehobi menulis.

Kamu juga bisa menekuni hobi yang menghasilkan uang ini, Stilovers. Mulailah dulu dengan membuat blog. Setelah kamu sudah lancar menulis di blog, kamu bisa mencoba peluang menulis untuk media lain. Kembangkan terus, hingga kamu bisa mendapatkan penghasilan yang rutin dari menulis.

7. Jalan-jalan

Hobi jalan-jalan bisa membuat kita fresh lagi. Lalu, apakah bisa dijadikan sebagai hobi yang menghasilkan uang? Mengingat justru kita butuh dana lebih untuk liburan.

Oh, bisa banget. Kamu yang hobi jalan-jalan (travelling) bisa membuka jasa open trip. Tawarkan initerary kamu pada teman-temanmu, siapa tahu mereka ada yang ingin bergabung denganmu untuk liburan, tentu saja dengan membayar sejumlah biaya. Bisa jadi, kamu malah gratis jalan-jalannya kan?

8. Menonton film

Menonton film juga bisa menjadi salah satu hobi yang menghasilkan uang lo!

Dengan seringnya menonton film (bioskop), kamu bisa jadi mengenal beberapa komunitas yang hobi nonton. Dan di situlah akhirnya networking kamu menjadi semakin luas. Nah, efeknya ini bisa berdampak kamu bisa mendapatkan job.

9. Fotografi

Kamu yang hobi fotografi biasanya (pasti) juga punya kamera yang oke. Dengan kamera yang oke sangat memungkinkanmu terus berlatih.

Lalu dapatkah hobi ini menjadi hobi yang menghasilkan uang? Bisa banget dong. Kamu bisa jadi juru foto di acara-acara wedding, atau ceremony, forografer di suatu majalah, ataupun menjadi food photographer. Kamu juga bisa menjual foto-foto keren kamu di situs-situs penyedia jasa stok foto. Lumayan banget kan?

10. Belanja

Ha? Belanja? Belanja bukannya berarti kita mengeluarkan uang, alih-alih menghasilkan?

Jangan salah. Belanja juga bisa jadi hobi yang menghasilkan uang lo! Misalnya kalau kamu buka usaha jastip, alias jasa titip. Iya, usaha ini sekarang lagi menjamur banget kan? Kamu juga bisa kok melakukannya!

Selain 10 hobi yang menghasilkan uang di atas, masih banyak hobi lain yang juga dapat memberimu penghasilan. Semuanya diolah secara tuntas dalam buku Hobi Jadi Bisnis, yang ditulis oleh Carolina Ratri.

Hobi Jadi Bisnis - hobi yang menghasilkan uang

Buku ini bisa memberikan inspirasi dan motivasi bagi kamu yang saat ini sedang bersiap membisniskan hobi. Sudah bisa dibeli di toko buku Gramedia, ataupun bisa kamu temukan juga di marketplace terkemuka, seperti di Shopee atau Tokopedia. Atau, pesan saja langsung ke Stiletto Book melalui WhatsApp 0881-2731-411 untuk mendapatkan harga diskon istimewa.

Apa pun dan bagaimana pun hobi yang kamu lakukan, ada baiknya melakukannya dengan fun, terjadwal, tanpa beban, dan positif. Ingat, di dunia ini tidak ada yang sia-sia. Selain melepas stres, hari-hari kamu pun akan semakin berwarna.

Semoga bermanfaat, ya.

Your Thoughts