5 Manfaat Hobi Menulis dan Alasan Mengapa Kita Harus Mengembangkannya

Categories: Tip Menulis
No Comments

Setiap penulis mempunyai motivasi dan alasan-alasan mereka sendiri saat mereka mulai merangkai kata-kata dalam sebuah kalimat, hingga menjadi satu tulisan utuh yang enak dibaca. Kadang bahkan kita tak punya alasan tersendiri untuk menulis. Kita cuma suka saja melakukannya, alias ya, memang kita hobi menulis.

Kamu sendiri bagaimana, Stilovers? Kamu menulis karena suka, ataukah karena manfaat yang bisa kamu rasakan?

Pastinya kamu sendiri tahu kan, bahwa memang ada banyak sekali manfaat dari hobi menulis. Apa saja hayo? Yah, setidaknya apa yang sudah kamu rasakan sejauh ini?

Kalau Stiletto sih, setidaknya ada 5 manfaat yang bisa kita rasakan dari hobi menulis ini. Coba yuk, kita lihat.

5 Manfaat yang bisa kita ambil dari hobi menulis

Menulis Buku Nonfiksi: 9 Langkah untuk Memulainya

1. Membiasakan diri untuk berpikir sistematis

Seseorang yang hobi menulis, biasanya akan mempunyai pola pikir yang lebih sistematis dibandingkan dengan mereka yang tak terbiasa menulis.

Mengapa? Ya, karena supaya menghasilkan tulisan yang bagus, seorang penulis harus bisa menceritakan sesuatu secara kronologis, runtut, dan lengkap. Ia akan memastikan bahwa pesan yang ingin diutarakannya benar-benar sampai pada pembaca melalui gaya bahasa dan struktur yang mudah dipahami.

Ini tak mudah lo, Stilovers, karena tulisan kan merupakan bentuk komunikasi satu arah, sehingga kalau tulisannya memang tak jelas ya pembaca tidak bisa bertanya lagi pada penulis, sehingga penulis tuh mesti memastikan banget bahwa tulisannya mudah dipahami.

Karena itu, seorang penulis yang baik biasanya juga mempunyai pola pikir yang sistematis namun tetap sederhana.

2. Menulis berarti kita membagikan keterampilan yang bermanfaat untuk orang lain

Saat seseorang sudah lebih dari tiga tahun menggeluti satu bidang secara terus menerus dengan mendalam, maka bisa dibilang ia sudah menguasai keterampilan yang mungkin tak dimiliki oleh semua orang.

Keterampilan dan pengetahuan kita itu pasti akan bermanfaat untuk orang lain yang barangkali sedang memulai menggeluti bidang yang sama.

Nah, sebagai orang yang lebih berpengalaman, kita bisa menuliskan semua yang kita tahu agar bisa diikuti oleh orang lain.

Seorang ahli ataupun profesional dapat memvalidasi keahliannya ini dengan cara menulis buku. Hal ini akan lebih tervalidasi lagi saat bukunya tersebut bisa dipahami oleh pembacanya dengan mudah, sehingga si pembaca bisa mengaplikasikan ilmu yang dibagikan dalam buku dengan baik.

Tak hanya buku saja, Stilovers. Di zaman digital seperti sekarang, berbagai bentuk tulisan bisa menjadi portofolio bagi setiap orang. Artikel, misalnya. Dan, meski kamu “hanya” bisa menulis artikel, itu juga bisa saja dikumpulkan hingga menjadi buku kan?

5 Manfaat Hobi Menulis dan Alasan Mengapa Kita Harus Mengembangkannya

3. Dengan hobi menulis, kita juga menambah pengetahuan

Saat kita sedang menulis, dan kemudian menghadapi fakta, data, atau pengetahuan yang baru, saat itu juga kita sedang meng-upgrade diri kita sendiri. Setuju enggak, Stilovers?

Hal ini bisa terjadi pada penulis jenis tulisan apa pun lo, mulai dari nonfiksi hingga fiksi juga. Termasuk para penulis novel, lantaran penulis novel pun kadang harus melakukan riset ini dan itu demi mendukung jalan cerita yang masuk akal. Fakta baru yang ia temukan saat riset akhirnya bisa menambah pengetahuannya.

4. Hobi menulis itu menyehatkan

Pastinya kita sering membaca (atau mendengar nasihat) bahwa kita perlu menyalurkan depresi, stres, kekecewaan, kemarahan, dan semua emosi pada hal-hal yang positif. Betul enggak, Stilovers?

Nah, salah satu bentuk hal positif yang bisa kita manfaatkan sebagai katarsis emosi negatif adalah dengan menekuni hobi menulis.

Dengan menuliskan semua hal yang menyesakkan pikiran, kita sudah mengeluarkan setidaknya separuh energi negatif dari dalam tubuh kita.

Ssst, tulisan curhat seperti ini bisa menjadi memoar dan kisah inspiratif yang dapat memotivasi orang lain yang mempunyai masalah yang sama dengan kita lo, Stilovers. Jadi, kata siapa curhat itu tak berfaedah?

5. Hobi menulis menghindarkan kita dari aktivitas tak berfaedah

Saat kita menulis, kita pun dituntut untuk banyak membaca, meringkas, memahami, menyimpulkan, dan kemudian membuat catatan-catatan penting yang dapat mendukung tulisan kita.

Kesibukan ini menyita waktu, sehingga kita pun tak punya waktu lagi untuk melakukan hal-hal yang negatif. Kita lupa bergunjing dan bergosip, karena terlalu sibuk menulis.

Bahkan kadang sampai lupa makan dan tidur ya? Yah, kalau yang terakhir ini jangan sampai dong, Stilovers! Karena makan dan tidur itu justru wajib dan harus dilakukan oleh seorang penulis. Jangan sampai menulis mengganggu kesehatan kamu.

5 Jenis dan 7 Tema Tulisan Nonfiksi yang Bisa Ditulis

Nah, kan? Banyak sekali ya manfaat yang bisa kita ambil dari hobi menulis ini? Tak hanya manfaat yang bisa kita rasakan untuk diri sendiri, tetapi juga manfaat yang bisa dipetik oleh orang lain.

Belum lagi, hobi menulis juga bisa dijadikan sebagai bisnis lo! Yes, kita bisa mendapatkan penghasilan dari menulis.

Pastinya akan menjadi hal yang baik pula kalau kita bisa membuat kegiatan ini menjadi kebiasaan sehari-hari kita. Tinggal PR kita selanjutnya, adalah mengembangkan hobi menulis kita itu hingga akhirnya bisa mempunyai daya jual.

Nah, selamat menulis, Stilovers!

Your Thoughts