Apakah Kamu Seorang Book Addict? Kenali 13 Gejalanya!

Categories: Artikel
No Comments

Kamu mengaku seorang book addict alias pecandu buku, Stilovers?

Well, membaca buku memang mengasyikkan. Ada orang yang membaca buku demi mendapatkan ilmu dan wawasan baru. Ada juga orang yang membaca buku agar merasa lebih rileks. Tapi, ada juga mereka yang begitu sukanya membaca buku, sampai tangannya tak pernah lepas dari buku-buku.

Ke mana pun ia akan membawa buku, ia juga akan membaca buku di mana saja; di rumah, di kampus, di kantor, juga di commuter atau saat berada di atas Trans Jakarta.

Aku Bukan Dia - Book Addict
Novel Aku Bukan Dia, salah satu novel yang pantas menjadi salah satu koleksi para book addict.

Hmmm, apakah kamu termasuk orang yang terakhir Stiletto sebutkan? Dan, apakah kamu melakukan hal-hal seperti yang disebut di bawah ini?

13 Gejala yang Dialami oleh Seorang Book Addict

  1. Lebih dari 90% wishlist barang-barang impian kamu berisi judul-judul buku.
  2. Karena kamu dikenal sebagai seorang book addict oleh orang-orang yang dekat denganmu, saat ulang tahun, kamu lebih banyak menerima kado atau hadiah berupa buku atau voucher membeli buku dibandingkan hadiah barang lainnya.
  3. Saat teman-teman kamu mengobrol tentang film yang diadaptasi dari buku, komen kamu tak bisa jauh dari kalimat, “Kalian harus baca bukunya. Di buku nggak ada adegan begini. Film itu juga menghilangkan adegan begitu yang ada di buku. Mereka juga mengubah adegan ini dan itu.” (Pssst, jangan-jangan teman-temanmu juga lantas berpikir panjang jika ingin mengajakmu nonton bareng film yang diadaptasi dari buku.)
  4. Teman-temanmu mungkin ngefans dan memasang poster dan foto artis-artis idola, entah itu artis-artis K-Pop, Jepang, Bollywood, Hollywood ataupun artis-artis dalam negeri. Kamu tidak, karena dinding kamar kamu sudah dipenuhi dengan rak buku.
  5. Dan meski kamu punya rak buku besar dan banyak, buku-buku koleksimu tetap saja tersebar ke seantero rumah. Di kamar tidur, di sofa depan TV, di meja makan, di WC #eh. Kalau kamu punya lima tas berbeda, kamu juga menyimpan buku di masing-masing tas.
  6. Kamu sering diminta rekomendasi buku-buku bagus oleh teman-temanmu. Buat mereka, kamu adalah Goodreads berjalan.
  7. Tentu saja kamu juga punya akun Instagram yang khusus kamu gunakan untuk memposting foto-foto buku kesayanganmu. Kamu mencantumkan tagar #bookstagrammer di biomu, dan kamu bisa saja memposting review buku sampai berseri-seri.
  8. Tak ada yang bisa membuat matamu memejam lebih nikmat selain aroma kertas pada buku. Tak ada juga yang bisa membuat matamu lebih berbinar ketimbang saat kamu merobek segel plastik pada buku baru.
  9. Kalau kamu pengin membeli tas baru, kriteria tas yang kamu pilih tak pernah jauh dari “Bisa muat buku nggak nih? Berapa banyak?”
  10. Kamu sering bangun dengan mata panda pagi-pagi hanya karena semalam kamu merasa harus menyelesaikan buku yang sedang kamu baca. “Oke, satu bab lagi. Aduh, lagi tegang nih. Ya ampun, lalu apa yang terjadi? Terus gimana? Satu bab lagilah, nggak apa-apa.” Alhasil, sampai matahari muncul lagi, kamu malah sama sekali belum tidur.
  11. Kamu akan melirik tajam pada teman-temanmu yang datang untuk meminjam buku darimu. Lalu iya, kamu akan kasih pinjam mereka sih, tapi dengan sederet pesan, “Awas lo! Jangan lecek yah! Jangan dilipat yah! Jangan baca sambil makan yah! Jangan deket-deket sama cangkir kopimu yah!” Dan seterusnya. Ckckck.
  12. Meski tumpukan buku yang belum dibaca di rumah sudah menyerupai Gunung Anak Krakatau, tapi kamu masih saja memencet “Add to Cart” di toko buku online, atau menenteng tas plastik berisi buku-buku saat keluar dari toko buku. Apalagi kalau lagi ada book fair. Heu, kamu akan datang paling awal untuk memborong buku-buku buruanmu.
  13. And, you know that you’re a book addict when your dream job is being paid to read. Jadi apa hayo? Editor mungkin ya? Kan mereka ditugaskan untuk baca naskah-naskah penulis keren pertama kali sebelum dilempar ke toko buku 😀

Gimana, Stilovers? Apakah ke-13 gejala di atas kamu alami sekarang?

Apakah Kamu Seorang Book Addict? Kenali 13 Gejalanya!

Kalau kamu memang melakukan hal-hal di atas, well, congrats! You’re a certified book addict! 😆

Your Thoughts