7 Tipe Pembaca Buku: yang Manakah Kamu?

Categories: Artikel
No Comments

Hei, Stilovers. Kamu suka membaca buku? Ya iyalah! Pastinya ya. Lalu, kamu tipe pembaca buku yang mana? Lo, ada tipe-tipe pembaca buku juga ya? Ada dong 😀

Adanya kategorisasi pembaca buku ini bukan untuk maksud apa-apa sih, hanya sekadar untuk melihat kebiasaan kamu membaca buku saja. Kan, setiap orang bisa berbeda-beda kebiasaannya. Kalau dibanding-bandingkan rasanya lucu juga, tapi bukan terus untuk ngebully satu sama lain sih. Just for fun!

Terus, ada tipe pembaca buku apa saja sih? Yuk, kita lihat!

7 Tipe Pembaca Buku

1. Book Eater

Kamu yang membaca segala jenis buku masuk ke kategori pembaca buku ini. ‘Pemakan segala’. Fiksi, nonfiksi, komedi, horor, chicklit, dewasa, bahkan hingga komik dan buku anak-anak.

Biasanya tipe ini adalah pemenang segala Reading Challenge. Kayak yang ada di Goodreads itu. Mereka bisa menyelesaikan buku hanya dalam hitungan jam, dan mampu membaca beberapa buku sekaligus dalam satu waktu.

Memang, orang-orang tipe Book Eater ini dianugerahi kemampuan multitasking yang luar biasa.

2. Seasonal Reader

Tipe kedua ini merupakan tipe pembaca yang tergantung musim.

Maksudnya sih bukan kalau pas musim durian, lalu cari buku yang berhubungan dengan durian gitu juga sih, Stilovers.

Ini misalnya kalau pas bulan puasa, jadi cari bacaan-bacaan religius. Kalau pas mau Valentine, bacaannya yang cinta-cintaan. Novel Aku Bukan Dia, misalnya.

7 Tipe Pembaca Buku: yang Manakah Kamu? - Aku Bukan Dia

Jadi tergantung dengan kondisi sekitar gitu. 😀

3. Preference Reader

Kamu-kamu yang cuma mau membaca buku dari penulis yang sudah kamu kenal gaya menulisnya, atau cuma mau membaca buku yang direkomendasikan oleh temanmu yang memang terpercaya selera bacanya, termasuk dalam tipe pembaca buku ketiga ini.

Kamu tak ingin dikecewakan oleh buku yang kamu baca, dan kamu memerlukan testimoni orang lain atau buku yang memang kamu sudah tahu pasti sesuai dengan selera baca kamu.

4. Trend Reader

Kamu selalu memburu buku-buku new release dari semua penulis terkenal, baik Indonesia maupun dunia?

Kalau iya, kamu adalah pembaca buku tipe Trend Reader. Kamu tak ingin ketinggalan informasi buku, dan nggak ingin ketinggalan topik saat berdiskusi buku dengan teman-temanmu. Kamu selalu update informasi buku terbaru dari blog dan media sosial, berada di antrean paling depan saat ada buku yang baru dirilis di toko buku.

Jika banyak orang yang suka, kamu tahu pasti bahwa kamu juga pasti suka.

5. Mood Reader

Kamu mengganti-ganti buku yang sedang kamu baca sesering hujan di bulan Januari *tsah*

Kamu menyesuaikan jenis bacaan dengan mood yang sedang kamu alami saat itu. Jadi bisa saja kamu membaca buku horor pukul enam sore, lalu tiba-tiba membaca roman setengah jam kemudian. Ckckck…

6. OCD Reader

Kamu punya to-read list yang panjang? Yang lalu kamu baca sesuai dengan urutan? Dan setelahnya kamu langsung tulis reviewnya, juga sesuai dengan urutan? Lalu saat kamu menemukan buku baru yang kira-kira menarik akan kamu taruh pada urutan antrean paling belakang?

Hmmmm, kalau begitu kamu mungkin termasuk dalam tipe pembaca OCD atau OCD Reader.

Kamu nggak akan mau membaca buku lain yang tidak masuk ke dalam to-read list kamu. Kamu juga nggak akan membaca buku lain jika buku yang yang ada di urutan pertama antrean selesai dibaca. Sangat teratur dan terjadwal.

7. Genre Theme Reader

Kamu penyuka horor? Roman? Petualangan? Dan rasanya susah banget berpindah ke lain hati eh genre? Berarti kamu termasuk dalam tipe Genre Theme Reader.

Nggak ada yang salah dengan stick to one genre, tapi ada bagusnya juga lo mencoba membaca buku genre lain. Supaya book list kamu lebih berwarna, dan juga menambah wawasan kamu 😉

Nah, Stilovers, kira-kira kamu tipe pembaca buku yang mana nih?

Well, mungkin kamu bisa jadi nggak hanya termasuk ke salah satu tipe pembaca buku saja sih. Bisa saja kamu adalah book eater sekaligus OCD reader. Atau genre theme reader sekaligus trend reader.

Atau barangkali kamu termasuk tipe pembaca buku lain yang belum termasuk dalam daftar di atas? Hmmm, bisa jadi. Coba share sama Stiletto, bagaimana sih kebiasaan baca buku kamu.

Your Thoughts