9 Cara Mendidik Anak Balita Aktif dan Tidak Bisa Diam

Categories: Artikel, Parenting
No Comments

Mendidik anak balita bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang ketika anak bisa menuruti ucapan orang tua, susah ketika anak tidak bisa diam.

Tapi ini wajar kok, Bunda. Usia balita adalah usia di mana mereka sedang aktif bereksplorasi. Anak sering berlarian ke sana kemari sambil menanyakan berbagai hal karena rasa ingin tahunya yang sangat besar. Tak jarang juga, kita jadi kesal dan lelah sendiri melihatnya yang tidak bisa diam.

Untuk menghadapi dan mendidik anak balita yang superaktif seperti ini, Bunda harus jadi superkreatif juga. Jangan buru-buru kesal lalu melampiaskannya pada anak. Karena sebenarnya, energi berlebih anak bisa kita salurkan menjadi hal positif yang bermanfaat, lo Bunda.

Yuk, simak serangkaian cara mendidik anak balita aktif di bawah ini.

4 Cara Mendidik Anak Melalui Diri Orang Tua Sendiri

1. Awasi Anak

Anak yang aktif pastinya akan suka berlarian dan tidak kenal lelah. Ia bisa ke mana saja sesuka hati tanpa peduli mana yang aman dan berbahaya bagi dirinya. Oleh karenanya, awasi mereka terus menerus ya, Bunda.

Mengawasi bukan berarti memperketat kegiatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Cukup pastikan anak tetap berada di lokasi yang aman atau mainan yang digunakan aman.

2. Beri tahu kapan waktu istirahat

Meski anak tidak kenal lelah bermain, Bunda harus tetap beri tahu anak bahwa ia butuh istirahat. Ketika waktu tidur siang tiba, Bunda harus mengajak anak baik-baik untuk tidur.

Jangan sampai ia kelelahan dan jam tidur malam harinya terganggu karena melewatkan waktu tidur siang.

3. Ajak anak bergerak

Tentunya mengajak anak balita aktif untuk bergerak tidaklah susah ya, Bunda. Bergerak secara rutin memang membuat tubuh anak tetap sehat.

Bunda bisa ajak mereka membantu pekerjaan rumah, lo. Sekaligus mengenalkan benda-benda di sekitarnya agar menjadi wawasan tambahan.

4. Berikan Anak Tanggung Jawab

Di usia balita, anak memang belum memahami betul yang disebut tanggung jawab. Akan tetapi, Bunda bisa mulai mendidik anak balita agar mengenal tanggung jawab sejak dini.

Mulailah membiasakan anak melakukan tugas pekerjaan rumah, seperti membuang sampah, membereskan mainannya sendiri, menaruh piring di tempat cuci piring, dan lain-lain.

Selain mengenalkannya pada tanggung jawab, cara ini juga bisa membantu Menumbuhkan Kemandirian Anak.

9 Cara Mendidik Anak Balita Aktif dan Tidak Bisa Diam

5. Ajak anak menekuni hobi tertentu

Menekuni kesukaan anak bisa menjadi salah satu cara membuatnya menjadi lebih produktif. Kenalkan kegiatan yang menuntut keaktifan, seperti art & craft, berolahraga, kemah, berenang, bermain musik, dan sebagainya.

Kegiatan ini dapat melatih kemampuan fisik dan kecerdasan anak.

6. Batasi Gawai dan Menonton Televisi

Kebiasaan orang tua saat ini adalah memberikan anak gawai supaya bisa diam. Ternyata, langkah ini salah, Bunda.

Konon, anak yang lebih suka bermain gawai dan menonton televisi cenderung lebih gelisah dan tidak bisa bersosialisasi. Anak harus mengenal lingkungan sekitarnya agar bisa bersosialisasi ketika sudah lebih besar kelak.

So, coba kurangi pemakaian gawai dan tontonan televisi si kecil. Enggak langsung dihentikan juga sih, Bunda bisa melakukannya secara perlahan. Alihkan perhatian si kecil pada hal-hal lain yang lebih mengasyikkan.

7. Lakukan kegiatan yang seru bersama-sama

Salah satu langkah untuk mendidik anak balita dan mencegahnya menjadi kurang pergaulan adalah mengajaknya berkegiatan bersama keluarga.

Lakukan kegiatan seperti berkebun, memasak bersama, berenang, dan lain-lain agar ia terbiasa mengenal orang lain.

8. Ajari anak mencintai binatang

Anak aktif biasanya tidak suka diam di tempat. Untuk itu, BUnda bisa memberi mereka hewan peliharaan untuk diajak bermain.

Misalnya anjing jenis Golden Retriever yang dikenal ramah pada anak-anak, untuk menemani anak berlarian. Adanya hewan peliharaan ini sekaligus mengajarkan anak bahwa dirinya tidak hidup sendirian, melainkan ada juga makhluk lain yang harus disayanginya.

Kamu Masih Terjerat Cinta Lama Kalau Masih Mengalami 7 Hal Ini

9. Berikan Contoh Nyata Melalui Keseharian Orang Tua

Anak balita biasanya menirukan apa yang dilihatnya. Agar anak melakukan kebaikan, orangtua harus menjaga sikap yang baik pula. Bunda harus berikan contoh nyata yang bisa ditirukannya.

Tunjukkan sikap seperti pemaaf, berterima kasih, sikap saling berbagi, dan lainnya kepada anak agar ia berpikir bahwa ketika besar nanti sikap itulah yang harus dimilikinya. Cara mendidik anak dari diri sendiri ini cukup efektif lo, Bunda.

Itulah 9 cara mendidik anak balita aktif agar menjadi anak yang kreatif.

Mendidik anak balita yang aktif memang membutuhkan tenaga ekstra, tetapi bila dilakukan dengan suka hati, semuanya tidak akan terasa kok. Cukup lakukan dengan konsisten agar anak belajar dan terbiasa melakukan kegiatan positif.

So, ready to try? Semangat, Bunda!

Jangan lupa follow akun Instagram Stiletto Book agar nggak ketinggalan update dan info buku terbaru. (Dona)

Your Thoughts