6 Sumber Ide Menulis Fiksi

Categories: Tip Menulis
No Comments

“Argh! Kenapa nggak punya ide sama sekali? Padahal niat udah gede buat menulis fiksi!”

Sering merasa kesal seperti itu, Stilovers? Ya, kekesalan seperti ini juga dialami oleh penulis mana pun kok, bahkan mereka yang sudah punya nama besar sekalipun. Apalagi kalau deadline alias tenggat waktu sudah di depan mata. Rasanya pengin deh garuk-garuk tembok.

Tapi, hei, sebagai penulis, kan kamu dianugerahi oleh pikiran yang kreatif dan imajinatif. Bukan penulis sejati namanya, kalau kamu kalah dengan ide dan waktu.

Nah, ini dia beberapa sumber ide yang bisa kamu jadikan referensi untuk menulis fiksi.

6 Sumber Ide Menulis Fiksi

Pengalaman Pribadi

Setiap dari kita pasti punya bagian hidup yang bisa dimasukkan ke dalam plot tulisan fiksi kita. Nggak masalah kok, asal kamu olah lagi, dan disesuaikan dengan plot utama cerita fiksi kamu.

Untuk memudahkannya, pilihlah bagian yang ‘paling’; paling membahagiakan, menyedihkan, menyakitkan, lucu, atau yang paling enggak bisa dilupakan.

Gali lagi ingatanmu mengenai pengalaman-pengalaman hidupmu tersebut, lalu tulislah. Sambil menulis fiksi, kita bisa sambil curhat deh. Asyik kan? Memang itulah salah satu keasyikan menjadi seorang penulis.

Curhat Teman

Seorang penulis adalah seorang pembaca buku yang baik, dia biasanya juga akan menjadi pendengar yang baik.

Kalau ada teman yang curhat, tampunglah. Tak hanya bisa membuatnya lega karena dapat menumpahkan unek-uneknya padamu, tetapi juga sekaligus bisa kamu rekam garis besar curhatannya. Padukan dengan imajinasimu sendiri, dan voila! Jadilah tulisan fiksi yang realistis.

Tapi, kamu enggak boleh menjelek-jelekkannya loh! Curhat teman hanyalah referensi, dan kamu tetap harus berkomitmen untuk menjaga rahasianya, meski tanpa diminta. Samarkan dengan tokoh rekaanmu sendiri, dan bumbui sekreatif mungkin sehingga tak ada jejak-jejak curhatannya di sana.

5 Alasan Mengapa Kita Sering Buntu Ide Menulis

Keluarga

Setiap keluarga memiliki kisah sendiri, termasuk setiap anggotanya. Mereka juga punya kisah masing-masing loh, dan bisa jadi layak untuk dijadikan sebagai ide dasar untuk menulis fiksi.

Media

Baik media online maupun offline bisa juga loh kamu jadikan sebagai sumber ide cerita untuk menulis fiksi.

Berita-berita yang bertebaran dan baru di setiap hari bisa jadi tambang ide yang nggak ada habisnya. Bahkan kadang, dari headline saja sudah memancing ide banget loh. Terlebih kasus-kasus yang sedang hit. Kita bisa menulis dari sudut pandang pelaku, korban, bahkan keluarga atau orang-orang yang dekat dengan kasus.

Media sosial

Nggak jauh beda dengan media offline maupun online, media sosial juga bisa jadi tempat berkembangnya ide yang bisa jadi luput dari perhatian (karena kita sendiri ikut larut dalam gosip dan keramaiannya).

Sekarang, bersikaplah sebagai penulis setiap kali kamu scroll akun media sosialmu. Latih kepekaan untuk menangkap ide-ide agar bisa dikembangkan menjadi cerita utuh.

Menulis Setiap Hari, Kamu Akan Merasakan 8 Manfaat Ini!

Lingkungan Sekitar

Kondisi lingkungan sekitar, baik komponen yang hidup maupun tak hidup di alam dapat memberi kita ide juga loh. Misalnya saja, pagar rumah. Suatu kali, ada mobil mengebut hingga menabrak dan meruntuhkan pagar rumah. Lalu, apa yang terjadi?

Atau, ketika kamu melamun sendiri di teras, ada kucing melintas. Bisa saja kucing ini dijadikan sebagai salah satu tokoh dalam cerita fiksimu kan? Mungkin dia kucing jadi-jadian?

Nah, ternyata banyak hal kan, yang bisa kamu eksplorasi sebagai sumber ide untuk menulis fiksi? Selamat menemukan ide dari segala sumber yang ada di sekitarmu ya! Kalau sudah tereksekusi menjadi naskah, langsung saja kirimkan ke Stiletto Indie Book untuk diterbitkan. Caranya mudah, dan royalti yang bakal kamu terima besar loh!

Atau, kamu ada sumber ide untuk menulis fiksi yang lain? Mari berbagi di kolom komen!

Follow akun Instagram Stiletto Book, yuk! Supaya kamu enggak ketinggalan berbagai informasi penerbitan buku yang bermanfaat!

Your Thoughts