Menulis Setiap Hari, Kamu Akan Merasakan 8 Manfaat Ini!

Categories: Tip Menulis
No Comments

Dear, apa kamu suka menulis? Kalau iya, congratulation! Lakukanlah kegiatan menulis setiap hari.

Yup, karena menulis setiap hari (apa pun itu, termasuk menulis jurnal harian pribadi), dapat memberikan efek yang luar biasa untuk hidup kita. Menulis setiap hari punya manfaat yang besar di samping akhirnya novelmu, atau naskah nonfiksimu menjadi buku yang diterbitkan dan berada di rak-rak toko buku. Sounds good, ya?

Inilah beberapa manfaat jika kita menulis setiap hari

5 Manfaat Hobi Menulis dan Alasan Mengapa Kita Harus Mengembangkannya

1. Membiasakan Otak untuk Aktif

Membiasakan diri menulis tiap hari berarti membiasakan otak kita untuk selalu aktif.

Milikilah buku untuk mencatat topik atau ide yang terlintas di dalam pikiran. Lalu kita luangkan waktu paling tidak setengah jam setiap hari untuk membaca daftar topik tersebut, memilih salah satu topik, dan menuliskannya ke dalam beberapa paragraf. Tidak harus panjang, kok. Hanya 1 – 2 halaman pun sudah cukup.

Kalau ide kita tersebut ternyata berpotensi untuk menjadi naskah dalam bentuk yang lebih panjang atau malah dapat digarap menjadi buku, berarti kita harus meluangkan waktu lebih banyak lagi untuk menggarapnya. Kebiasaan tersebut akan membuat otak kita terbiasa berpikir dan selalu aktif.

Dampaknya, selain kita punya banyak perbendaharaan karya, kita pun akan menjadi lebih siap dan fokus dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Produktivitas kita pun akan semakin tinggi. Harus melakukan setumpuk pekerjaan? Ayo aja!

2. Mendengarkan Kata Hati

Menulis setiap hari dengan tema bebas akan membuat kita menggali apa pun yang ada di dalam pikiran dan apa yang kita rasakan.

Kita dapat membaca kembali tulisan-tulisan yang telah kita tulis selama satu minggu. Bisa jadi kita akan terkejut karena menemukan hal-hal tentang diri kita sendiri yang selama ini tidak benar-benar kita sadari. Mungkin juga kita akan menemukan hal-hal yang selama ini mengganggu pikiran, atau kita akhirnya menyadari tentang sesuatu yang benar-benar ingin kita lakukan.

Membaca tulisan-tulisan kita kembali juga akan membantu kita untuk lebih mengenali diri kita sendiri. Pada akhirnya, kita akan dapat mendengar kata hati kita setiap saat, yang akan menuntun kita untuk mengambil keputusan-keputusan penting setiap harinya.

3. Sarana untuk kontemplasi dan refleksi diri

Dengan menulis setiap hari, kita bisa juga menuliskan apa yang kita alami atau kita rasakan hari itu. Jika hal-hal yang membuat kita sedih atau bahkan mengalami stres akhirnya keluar dari pikiran, maka kita akan menjadi lebih rileks. Bisa juga sebaliknya, kita justru menuliskan hal-hal menyenangkan yang kita alami sepanjang hari.

Catatan-catatan tersebut dapat menjadi saran bagi kita untuk merenung dan melakukan refleksi diri, lalu menemukan apa yang harus kita perbaiki agar esok hari kita menjadi seseorang yang lebih baik.

7 Kesalahan Memulai Bisnis yang Biasa Dilakukan oleh Pebisnis Pemula

4. Membuat Jejak Sejarah

Pernah mendengar pepatah “tulisan tidak akan lekang oleh waktu”?

Itu benar, Dear. Catatan jurnal sehari-hari kita akan menjadi sejarah di masa yang akan datang. Mungkin catatan kita saat ini merupakan catatan kejadian yang biasa-biasa saja.

Namun, di masa mendatang, catatan tersebut bisa saja menjadi sangat berharga karena peristiwa yang saat ini dianggap biasa ternyata menjadi sesuatu yang istimewa di masa yang akan datang.

Atau jika kamu suka mencatat peristiwa di sekelilingmu, atau menuliskan kegiatan-kegiatan kebudayaan di sekitarmu, suatu hari, dalam beberapa tahun mendatang, tulisanmu tentunya akan menjadi catatan sejarah yang penting.

5. Menyimpan dan Memperkaya Kosakata

Kosakata yang pernah kita baca atau dengar akan menghilang kalau kita tak pernah menggunakannya.

Nah, membiasakan diri menulis setiap hari akan memberikan kesempatan pada diri kita sendiri untuk menggunakan kosakata-kosakata yang kita miliki tersebut, dan bahkan menambahnya dengan pengetahuan kosakata yang baru.

Maka semakin hari kita akan semakin kaya dengan kosakata. Poinnya, kita tidak boleh malas untuk membuka kamus atau mencatat kosakata baru yang kita dapatkan.

6. Meningkatkan Kreativitas

Jika kita terbiasa menulis setiap hari dan membuat catatan ide-ide ke dalam sebuah buku, maka bisa saja suatu hari kita akan terkejut melihat ada 100 daftar ide yang telah kita tuliskan. Apalagi jika ide-ide tersebut satu per satu telah mewujud menjadi sebuah paragraf, cerita pendek, esai, atau barangkali sebuah buku.

Secara tidak sadar, kita telah mengasah kreativitas kita. Maka kapan pun jika diperlukan, kita dapat melontarkan ide-ide kreatif, misalnya saat meeting di kantor atau malah mungkin tiba-tiba kamu terpikirkan tentang sebuah ide bisnis dan dapat mewujudkannya.

7. Meningkatkan kepekaan dan empati

Kebiasaan kita menulis setiap hari akan mengasah kepekaan kita dalam menangkap ide. Namun lebih dari itu, kita juga akan semakin mengenali diri sendiri, mengenali masalah kita sendiri lalu dapat mencari penyelesaiannya, dan dapat lebih banyak menemukan makna kehidupan.

Sudut pandang yang kita gunakan dalam melihat sebuah permasalahan menjadi lebih beragam, kita semakin dapat melihat sebuah permasalahan dari sudut pandang orang lain.

Sejalan dengan itu, kita pun akan menjadi lebih peduli pada apa yang terjadi di sekitar kita. Kita dapat memahami apa yang sedang dirasakan orang oleh orang lain dan tergerak untuk membantunya.

Menulis Setiap Hari, Kamu Akan Merasakan 8 Manfaat Ini!

8. Bahagia!

Dari semua manfaat menulis setiap hari yang telah disebutkan di atas, ini adalah inti dari semuanya. Merasa bahagia!

Ketika kita dapat melakukan apa yang kita ingin lakukan, saat kita dapat menuangkan ide-ide yang berjejal di pikiran hingga akhirnya menghasilkan karya dan bermanfaat untuk orang lain, atau diri kita semakin hari dapat menjadi lebih baik, maka hal itu akan membuat kita merasa berharga.

Rasa berharga itulah yang membuat kita dapat merasa bahagia. Yes, kita harus selalu merasa bahagia, Dear!

Nah, ternyata manfaat yang akan kita dapatkan dengan menulis setiap hari itu lebih dari sebuah karya, kan? Yuk, kita menulis tiap hari mulai hari ini!

Weka Swasti
IG: @WekaSwasti
Editor Stiletto Book

Your Thoughts