Menyiapkan Bekal Anak Sekolah, Perhatikan 5 Hal Penting Ini!

Categories: Artikel, Panduan
No Comments

Menyiapkan bekal anak sekolah itu memang susah-susah gampang.

Gampang, karena ada beragam resep yang berseliweran di internet, dan semuanya mudah dibuat. Susahnya adalah karena bekal itu akan harus bersaing dengan aneka macam jajanan sekolahan. Harus diakui, bahwa jajanan sekolah itu memang menggiurkan, bahkan kita pun kadang tergoda untuk membelinya. Setuju kan, Bunda?

Menyewa jasa katering untuk membekali anak-anak dengan makanan yang bergizi adalah pilihan yang lumayan memudahkan, apalagi untuk Bunda yang juga bekerja ke kantor di pagi hari. Pihak katering, yang biasanya juga berasal dari kalangan ibu-ibu sekolahan, tentu tahu benar apa yang dibutuhkan sekaligus disenangi para buah hati.

Tapi kadang, kita juga ingin memasak sendiri, demi memastikan asupan yang terbaik untuk mereka, bukan?

Kalau begitu, perhatikan 5 hal ini saat menyiapkan bekal anak sekolah, ya!

Menyiapkan Bekal Anak Sekolah, Perhatikan 5 Hal Penting Ini!

1. Karbohidrat

Sebagai sumber energi, karbohidrat harus menjadi hal pertama yang harus dipikirkan jika ingin menyiapkan bekal anak sekolah. Yang paling sederhana tentu saja nasi, yang bisa dikreasikan jadi nasi goreng, nasi uduk, nasi kuning dan sebagainya.

Tapi kalau anak-anak sudah terlihat mulai bosan memakannya, segera ganti asupan karbohidrat dengan kentang. Kentangnya juga ada banyak variasinya, yaitu kentang goreng, kentang tumbuk, atau kentang panggang.

Karbohidrat juga terdapat dalam jagung dan berbagai olahan tepung, seperti roti, walau kadang ada benarnya juga bahwa “belum makan nasi itu belum kenyang”. Kalau anak-anak sudah sangat bosan, sekali-kali boleh juga membekali mereka dengan pipilan jagung manis plus keju atau roti isi, dan kalau masih lapar bisa makan siang lagi di rumah.

2. Protein

Protein adalah bahan bakar pertumbuhan, maka unsur protein juga harus dimasukkan saat kita menyiapkan bekal anak sekolah.

Ada dua jenis protein, yaitu hewani dan nabati. Protein hewani didapat dari daging-dagingan hewan, dan protein nabati dari kacang-kacangan.

Asupan protein termudah dan pasti disukai anak-anak dalam kotak bekalnya adalah sosis dan chicken nugget. Tapi jika bosan, telur, oat, atau olahan tempe dan tahu juga sangat mencukupi kebutuhan proteinnya.

Say Yes to 50 Homemade Bento - Fitriani Firmansyah

3. Vitamin dan Mineral

Kolaborasi dua zat gizi ini dapat ditemukan dalam sayur dan buah-buahan.

Vitamin dan mineral adalah zat yang juga mengawal anak-anak dalam masa tumbuh kembang mereka, terutama dalam sistem imun, tulang dan gigi.

Bunda bisa menyertakan pisang atau jeruk saat menyiapkan bekal anak sekolah, untuk asupan vitamin dan mineral selama belajar. Asupan ini bisa ditambahkan lagi di rumah dengan menyiapkan buah-buahan lain, atau kacang-kacangan seperti almond atau kedelai rebus.

4. Serat

Tentu saja serat harus disertakan, karena berguna untuk melancarkan pembuangan serta membentuk badan yang ideal.

Namun karena kebanyakan serat adanya di sayuran, maka anak-anak cenderung kurang suka. Bunda harus memikirkan cara terbaik untuk menyiapkan bekal anak sekolah yang mengandung sayur ini, agar mereka tetap dapat asupannya, dengan berbagai kreasi masakan.

Atau jika tetap tidak termakan, beri mereka roti atau sereal yang terbuat dari gandum utuh.

5. Lemak

Biar bagaimanapun, tubuh kita butuh lemak, tapi tentu saja bukan lemak trans atau lemak jenuh. Asupan lemak baik banyak terdapat dalam kacang-kacangan, avokad, juga susu dan telur.

Pastikan anak-anak tetap mendapat asupan lemak baik itu saat Bunda menyiapkan bekal anak sekolah, khususnya demi pertumbuhan otak.

Selain yang 5 hal penting di atas, anak-anak butuh tambahan gula yang diubah menjadi glukosa, untuk menopang kegiatan mereka yang kebanyakan secara fisik. Stilovers tahu sendiri kan, bahwa anak-anak itu tidak bisa diam dan sangat aktif.

Karena itulah mereka diberikan kesukaan pada makanan manis, seperti es krim, coklat dan permen. Tapi tetap dikontrol dengan ketat ya, agar asupannya tidak berlebih dan sebatas tambahan energi saja.

Untuk menyiapkan bekal anak sekolah ini, Bunda dapat menyontek berbagai kreasi bento seperti yang ada dalam buku Say Yes to 50 Homemade Bento ini nih.

Say Yes to 50 Homemade Bento
Say Yes to 50 Homemade Bento, oleh Fitriani Firmansyah

Ada banyak sekali bentuk dan kreasi bento yang sangat mudah dibuat, dengan bahan-bahan yang gampang dibuat ataupun diganti. Semakin Bunda sering membuat bento, yakin deh, kreasi Bunda akan semakin banyak.

Buku Say Yes to 50 Homemade Bento ini bisa didapatkan di marketplace terkenal, seperti Tokopedia dan Shopee. Atau bisa memesan langsung juga ke Stiletto Book untuk mendapatkan diskon istimewa. Hubungi kami melalui WhatsApp ya.

Selamat berkreasi dalam menyiapkan bekal anak sekolah!

Your Thoughts