Ketahui 6 Ciri-Ciri Tempat Bermain yang Bersih bagi Anak

Categories: Artikel, Parenting
No Comments

Arena tempat bermain selalu menjadi tempat yang menyenangkan, apalagi yang memungkinkan anak-anak untuk bisa bebas bermain dengan segala jenis permainan yang disukainya. Memainkan segala jenis permainan sesuai dengan usianya sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anak. Sebagai orang tua sudah sewajarnya kita memfasilitasi anak agar bisa bermain dengan bebas.

Meski demikian, kita tidak bisa asal memilih tempat bermain untuk anak. Kita harus menaruh perhatian ekstra agar anak bisa bermain dengan bebas di lingkungan yang bersih. Asal memilih tempat bermain justru bisa mendatangkan segala jenis penyakit dan tidak mendukung pertumbuhannya. Bunda pastinya nggak menginginkan hal ini, kan?

Untuk itu, kita harus mengenali ciri-ciri tempat bermain yang bersih bagi anak. Apa saja cirinya? Simak artikel ini sampai selesai ya.

6 Ciri Tempat Bermain yang Baik bagi Anak

7 Kunci Sukses Mendidik Anak agar Tumbuh Mandiri

1. Banyak tumbuhan hijau

Untuk mendapatkan lingkungan yang sehat dan bersih harus tertanam banyak pohon. Tumbuhan hijau bisa menciptakan udara yang bersih dan sejuk, lo. Bunda sahih kan dengan hal ini?

Dengan sepoi angin dan suasana rindang yang dihasilkan oleh cabang, ranting, dan daun, tempat bermain anak bisa menjadi sangat nyaman dan enak dipakai untuk bermain sepuasnya.

2. Bersih dari sampah

Tempat bermain yang bersih adalah tempat yang bebas dari sampah. Sampah tidak dibiarkan berserakan di mana-mana, melainkan dibuang ke tempatnya. Tempat pembuangan sampah pun diletakkan dalam jarak aman agar arena bermain bebas dari segala jenis penyakit.

Selain itu, tempat bermain juga harus bebas dari genangan air supaya tidak mendatangkan penyakit.

Ketahui 6 Ciri-Ciri Tempat Bermain yang Bersih bagi Anak

3. Tidak ada pecahan kaca atau kerikil

Anak-anak suka bermain dengan aktif. Kadang lari ke sana kemari tanpa kenal lelah. Perhatiannya terhadap lingkungan sekitar juga belum terlalu besar, sehingga sering terjadi kecelakaan seperti jatuh tersandung.

Untuk menghindari cedera, arena bermain harus bebas dari pecahan kaca atau kerikil. Jangan sampai pecahan tersebut melukai anak lebih parah lagi.

4. Jauh dari tempat kumuh

Polusi udara karena tempat kumuh ada di dekat arena bermain menjadikan anak tidak nyaman. Oleh karena itu, arena pembuangan dan pengelolaan sampah harus diletakkan jauh dari tempat bermain agar tidak mencemari udara yang bersih.

Pengelolaan sampah pun harus dibagi sesuai dengan jenisnya agar tidak menimbulkan bau tidak sedap karena sampah tercampur.

9 Cara Mendidik Anak Balita Aktif dan Tidak Bisa Diam

5. Jauh dari hiruk pikuk kendaraan

Sama seperti bau yang dihasilkan dari tempat kumuh, polusi udara yang berasal dari asap kendaraan juga bisa mengganggu pernapasan anak.

Padahal, jumlah kendaraan saat ini sangat banyak. Bisa jadi fungsi dari tanaman hijau justru tak berjalan dengan baik karena volume asap kendaraan lebih tinggi dibanding jumlah pohon.

Jadi, pastikan Bunda mengajak si kecil bermain di tempat bermain anak yang terlindung dari polusi udara ini ya.

6. Terpisah dari fasilitas yang lain

Dalam satu lingkungan bermain memang harus disediakan fasilitas yang mendukung aktivitas anak. Tak terkecuali kamar mandi dan kantin.

Namun, untuk menjaga kebersihan tempat bermain, fasilitas seperti kamar mandi khusus anak atau tempat berjualan makanan sehat harus dipisahkan agar tidak menimbulkan banyak kotoran atau sampah di area bermain.

Nah, itu tadi 6 ciri-ciri tempat bermain yang bersih.

Sebenarnya, kita bisa lo memfasilitasi anak tempat bermain yang bersih di rumah. Cukup sediakan area terbuka yang dirancang khusus untuk anak bisa bermain dengan bebas. Jangan lupa, ciri-ciri tempat bermain yang bersih harus diperhatikan, agar anak bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

Bermain harus menjadi kegiatan yang mendatangkan manfaat baik dari segi keaktifan, pendidikan, maupun perkembangan fisiknya. Keluarga menjadi lembaga pendidikan informal pertama yang diterima anak. Oleh karenanya, kita harus mendampingi ketika anak bermain agar tumbuh kembangnya terpantau.

Pojok Bermain Anak

Bila masih bingung soal bagaimana baiknya mendampingi anak ketika bermain, Bunda bisa baca buku panduan Pojok Bermain Anak ini. Dalam buku ini terdapat penjelasan berbagai hal mengenai pendidikan anak usia dini (PAUD) melalui 100 macam aktivitas permainan yang bisa dilakukan anak. Setiap permainannya pun mengandung unsur belajar sensor motorik, perkembangan kemandirian, bahkan menumbuhkan spiritualitas anak.

Buku ini bisa dipesan melalui WhatsApp Stiletto Book atau marketplace seperti Tokopedia dan Shopee.

Tunggu apa lagi? Yuk, kenali lingkungan dan ciri-ciri tempat bermain yang bersih agar anak terhindar dari berbagai penyakit serta bertumbuh sesuai dengan usianya.

Jangan lupa follow akun Instagram Stiletto Book agar nggak ketinggalan update dan info buku terbaru. (Dona)

Your Thoughts