5 Tip Membuat Bento Kreatif untuk Bekal Anak

Categories: Artikel, Panduan
No Comments

Menyiapkan bekal anak sering kali membuat pusing ya, Bunda? Bunda ingin membuat yang sederhana karena tak ada waktu, tetapi si kecil membutuhkan penyemangat agar mau makan. Nah, salah satu cara agar si kecil mau menghabiskan makannya adalah dengan membuat bento kreatif yang lucu dan menarik.

Tak perlu khawatir soal waktu. Dengan membuat bento, Bunda bisa menyiapkan sajian yang kreatif dan lucu dalam waktu singkat. Tak hanya terbuat dari nasi, bento bisa juga dibuat dari roti atau mi.

Eits, sebelum membuat bento, simak dulu tip membuat bento kreatif untuk bekal anak berikut ini yuk!

Tip membuat bento kreatif

5 Tip Membuat Bento Kreatif untuk Bekal Anak
Sumber foto: Instagram @fitrianifirmansyah

1. Tentukan Tema

Bunda jangan buru-buru membuat bento. Luangkan waktu sejenak untuk merencanakan tema yang akan diaplikasikan pada bento Bunda. Kalau perlu, cari dulu ide di malam sebelumnya, agar bisa dikerjakan dengan lebih cepat esok harinya.

Cari karakter yang disukai oleh si kecil, bisa berupa hewan, kartun, atau superhero. Jangan lupa, pelajari warna dan hal-hal lain dari karakter tersebut.

Untuk mempersingkat waktu di pagi hari, Bunda bisa menyiapkan beberapa bahan makanan sejak malam harinya dan disimpan di lemari es.

2. Tata Bento Semenarik Mungkin

Setelah menentukan tema yang kreatif, langkah selanjutnya adalah menata bento kreatif Bunda tersebut supaya terlihat menarik. Gali keterampilan Bunda dalam mengombinasikan bahan hidangan dan warna yang dibutuhkan.

Gunakan kotak bekal yang ukurannya sesuai dengan bentuk bento. Akan lebih baik jika sekat pada kotak bekal bisa diubah sehingga bisa disesuaikan dengan isi bento.

Jangan lupa untuk memisahkan makanan berbau tajam (seperti sambal, mayones, yoghurt) atau makanan bertekstur cepat hancur (seperti buah, puding, jelly) agar makanan lain tidak terkontaminasi.

Menyiapkan Bekal Anak Sekolah, Perhatikan 5 Hal Penting Ini!

3. Kombinasi Warna

Bunda juga bisa membuat bento lebih menarik dengan menggunakan variasi warna yang ceria.

Untuk warna dasar yang sering digunakan adalah hijau yang berasal dari kacang polong, buncis, paprika, daun selada, atau ketimun. Warna kuning berasal dari jagung, keju, wortel, atau telur ayam. Sedangkan warna merah berasal dari tomat, tomat ceri, stroberi, atau paprika.

Jika memerlukan warna lain, gunakan bahan yang dapat dikonsumsi, ya.

4. Perhatikan Nutrisi dalam Sajian

Menyiapkan bekal untuk si kecil memang penting. Tetapi tak hanya lucu dan kreatif, bekal anak yang berupa bento ini juga harus mengandung gizi yang lengkap.

Dalam satu sajian bento, harus terkandung karbohidrat (bisa didapatkan dari nasi, pasta atau roti), protein hewani (bisa didaptkan dari daging sapi, daging ayam, atau ikan), protein nabati (bisa didapatkan dari kacang-kacangan, tahu, tempe), sayuran, dan juga buah-buahan.

Bila si kecil suka, tambahkan juga susu atau dessert berupa puding yang kaya vitamin dan serat.

Bentuk Selera Makan Anak Sedari Dini Agar Tak Jadi Picky Eater dengan 5 Langkah Berikut

5. Variasi Menu Bento

Bila sudah terbiasa membuat bento, cobalah untuk berinovasi dengan menu-menu baru. Bunda juga bisa membuat bento dengan bahan dasar roti atau mi goreng, ataupun bahan-bahan lainnya.

Latih kemampuan menggunakan peralatan dapur agar bentuk bento bisa bervariasi. Contohnya, Doraemon, Kungfu Panda, Minion, Rilakuma, dan masih banyak lagi.

Bila dibutuhkan, susunlah menu bento selama satu minggu agar bisa divariasikan.

Nah, itu dia tip membuat bento kreatif untuk bekal si kecil. Membekali si kecil merupakan tindakan yang bijak. Selain Bunda bisa mengontrol kebutuhan gizi anak, kebiasaan memakan makanan sehat akan terbentuk sejak dini.

Dengan membawa bekal, si kecil juga bisa menyerap pelajaran dengan baik. Rasa lapar yang menyerang di tengah waktu belajarnya dapat mengganggu kebugaran fisik dan kemampuan berkonsentrasi. Untuk itu, penting bagi Bunda menyiapkan bekal makanan bergizi agar si kecil dapat menerima pelajaran dengan baik.

Membuat bento kreatif juga bisa Bunda lakukan bersama dengan si kecil agar sesuai dengan seleranya. Cobalah untuk mendiskusikan menu bento sesuai selera dan kemauan si kecil, sehingga bekal pasti akan habis dilahap.

Bagaimana? Pasti sudah tidak sabar ingin segera membuat bento kreatif untuk bekal si kecil ya?

Say Yes to 50 Homemade Bento
Say Yes to 50 Homemade Bento, oleh Fitriyani Firmansyah

Sebagai sumber inspirasi, Bunda bisa melihat berbagai kreasi menu bento di dalam buku Say Yes to 50 Homemade Bento ini. Resep-resep setiap menu serta bahan yang digunakan dalam buku panduan ini sangat mudah untuk dipraktikkan. Soal gizi, Bunda tak perlu khawatir.

So, tunggu apa lagi? Mari berkreasi membuat bento agar si kecil semakin semangat menghabiskan bekal sekolahnya! (Dona)

Your Thoughts