7 Langkah Menjadi Influencer Sukses – Milenial Harus Tahu!

Categories: Artikel, Panduan
No Comments

Media sosial Instagram merupakan salah satu media yang diminati oleh banyak orang. Dan mungkin kamu salah satunya. Oleh karena kepopulerannya, lahir banyak orang yang mampu menginspirasi orang lain. Istilah kerennya, menjadi influencer.

Tak dapat dipungkiri, profesi influencer kemudian menjadi cita-cita baru para milenial. Bisa meraup keuntungan dari melakukan hal yang kita sukai pasti dirasa lebih mudah dan menyenangkan. Bener nggak sih?

Well, meski jalan untuk jadi terkenal itu tak pernak mulus bayangan, tapi siapa pun bisa berlomba menjadi influencer yang sukses di bidangnya masing- masing.

Nah, untuk kamu yang juga pengin menjadi influencer, Stiletto akan bagikan beberapa langkah menjadi seorang influencer, nih. Simak sampai selesai ya.

Wajib Diketahui oleh Milenial, Ini 7 Langkah Menjadi Influencer

Pengin Jadi Selebgram? Ini Dia 6 Niche Populer di Instagram yang Bisa Menuai Banyak Follower

1. Tentukan profil

Jika kamu memiliki cita-cita menjadi seorang influencer, mulai dari sekarang kamu harus tentukan konten Instagrammu. Apa yang kamu sukai atau apa pekerjaanmu bisa kamu ceritakan ke followersmu dan menginspirasi mereka.

Butuh inspirasi? Coba cari niche populer di Instagram yang bisa membantumu mendapatkan banyak follower.

Konten yang kamu pilih tidak harus sesuatu yang sedang ngetren di masyarakat. Siapa tahu, kamu justru bisa menjadi trendsetter. Hal ini juga yang nantinya akan membentuk brand atau ciri khas diri kamu. Bila sudah terbentuk identitas, endorse akan mulai berdatangan dari produk yang sama dengan kontenmu.

2. Tambah follower-mu

Baik menjadi influencer lokal, nasional, maupun internasional, syarat yang satu ini harus tetap dipenuhi, yaitu miliki jumlah follower yang cukup.

Mengapa? Semakin banyak di-follow, maka dia akan dianggap berpengaruh. Nah, tinggal seberapa banyak dia bisa mengumpulkan massa?

Berapa jumlah minimal follower untuk menjadi influencer? Well, ada yang disebut sebagai micro influencer, yaitu mereka yang berfollower 5.000-10.000 orang. Ada juga yang disebut power middle influencer, yaitu mereka yand berfollower 10.000 – 250.000 orang. Sementara, ada macro influencer juga, yang berfollower jutaan orang.

Wah, banyak banget ya!

Tenang, ada juga nano influencer kok, yang berfollower 1.000 – 5.000 orang. Nah, kamu bisa menargetkan diri untuk masuk ke golongan ini dulu.

Ingin Berbisnis? Ini Dia 3 Pertanyaan Penting Sebelum Memulainya!

3. Buat Perencanaan

Bila dua langkah di atas sudah kamu lakukan, langkah berikutnya untuk menjadi influencer sukses adalah membuat perencanaan jadwal mengunggah konten.

Perencanaan meliputi survei tempat, persiapan merekam video atau pengambilan foto, editing, dan kapan kamu akan mengunggah konten. Persiapan ini akan lebih panjang, jika kamu ingin membuat konten spesial, seperti memasak, DIY, atau traveling.

Jadwalkan untuk mengunggah konten satu hingga tiga kali dalam sehari. Waktunya pun pilih jam prime time, saat orang sibuk mengecek media sosial sambil menikmati istirahat.

Dengan membuat perencanaan yang matang, kontenmu akan tetap konsisten dan tidak menganggu fokus followers.

4. Pastikan Menarik

Setiap foto atau video harus menarik perhatian pengikutmu. So, pilihlah foto yang terbaik; jelas, proporsional, dan artistik. Gunakan juga pencahayaan natural agar fotomu menjadi lebih stunning.

Kalau kamu ingin mengunggah video, usahakan durasinya singkat namun mengandung inti dari keseluruhan cerita. Jangan sampai pengikutmu malah bingung dengan apa yang kamu unggah.

Yang tak kalah penting adalah caption. Beri caption yang menjelaskan unggahan dan nyambung, ya. Bijak juga memilih diksi agar pengikut tidak salah paham.

5 Cara Mencari Peluang Usaha dari Hobi

5. Gunakan Hashtag

Untuk promosi, sertakan juga hashtag yang relevan dengan unggahanmu. Selain memakai hashtags yang sudah populer, kamu juga membuat sendiri hashtag yang merepresentasikan unggahanmu.

Tujuannya, agar semakin banyak orang yang melihat, menyukai, mengikuti akunmu.

6. Aktif Berinteraksi dengan Followers

Sering berinteraksi dengan followers akan membuat rate engagement kamu meningkat. Selain itu, buat followers merasa dekat denganmu agar tidak bosan mengikuti konten yang kamu unggah.

Jangan malas membalas komen atau DM dari para pengikutmu karena sebenarnya mereka juga yang membantumu melebarkan sayap sebagai seorang influencer. Jangan sungkan juga untuk bertemu secara langsung sambil ngobrol-ngobrol. Dari obrolan singkat itu, kamu justru bisa mendapatkan ide konten sesuai dengan kemauan para pengikutmu.

7 Langkah Menjadi Influencer Sukses - Milenial Harus Tahu!

7. Maksimalkan Fungsi Link di Bio

Kamu juga punya blog atau akun media sosial yang lain? Cantumkan di bio Instagrammu agar pengikutmu bisa melihat sisi lain dari dirimu.

Bila kamu suka menulis, misalnya, torehkan tulisan-tulisanmu di blog pribadi dan tautkan di
Instagram. Orang yang membuka kemudian akan melabeli dirimu sebagai influencer yang suka menulis, atau sebaliknya.

Selain memamerkan bakatmu, fungsi link di Instagram juga bisa kamu manfaatkan sebagai lahan berjualan atau promosi produk yang kamu endorse.

Itu dia 7 langkah menjadi influencer sukses. Meski kamu bukan berasal dari kalangan artis atau musisi, kamu tetap bisa menjadi seorang influencer, kok. Dengan bermodalkan semangat, akun Instagram, dan kreativitas kamu juga bisa menjadi seorang influencer di bidang yang kamu sukai.

How to Win Instagram

Jangan ragu untuk mempelajari hal baru. Kamu bisa membaca buku How to Win Instagram agar cita-cita menjadi seorang influencer tergapai dengan mudah. Sudah siap berjuang?

Semangat, Stilovers!

Your Thoughts