Tetap Bisa Membaca Buku Meski Sibuk Luar Biasa? Coba 5 Tip Ini!

No Comments

Di artikel Stiletto beberapa waktu yang lalu, sudah dibahas mengenai hubungan antara orang membaca buku dan orang yang sukses. Well, memang kok bahwa membaca buku itu bisa memicu kreativitas kamu, membantumu dalam upaya problem solving dan juga menambah wawasan. Sementara, di saat yang sama, membaca itu juga refreshing.

Tapi bagaimana ya, caranya supaya kita ada waktu untuk membaca? Dengan kesibukan kita seperti sekarang, kayaknya susah banget meluangkan waktu untuk membaca. Dan kemungkinan besar, ini juga yang menyebabkan minat membaca masyarakat kita semakin menurun.

Tapi sebenarnya ada kok cara, kalau kamu pengin meningkatkan jumlah buku yang dapat kamu baca setiap harinya. How? Coba lihat 7 cara berikut ini deh.

5 Cara Agar Tetap Bisa Membaca Buku Meski Sibuk Luar Biasa

5 Genre Cerita Fiksi yang Populer dan Paling Banyak Digemari

1. Pinjam buku lebih

Kalau kamu menjadi anggota sebuah perpustakaan atau taman bacaan, pinjamlah buku dengan jumlah lebih. Jadi misal kamu bisa membaca dua buku dalam seminggu, pinjamlah tiga atau empat buku sekaligus. Menimbun buku fisik pinjaman, sadar ataupun tidak, akan mendorongmu untuk membaca buku lebih banyak buku dari rencana.

Nah, kalau kamu adalah seorang pembaca digital, pastikan kamu men-download stok buku ke e-reader kamu juga dengan jumlah yang lebih. Dengan begitu, akan selalu tersedia banyak pilihan di ujung jari saat kamu ingin membaca.

2. Baca lebih dari satu buku pada satu waktu

Sebagian orang memilih untuk membaca satu buku pada suatu waktu. Nah, mungkin sekarang kamu bisa mencoba untuk membaca beberapa buku sekaligus di waktu yang sama.

Lo? Bisa bingung nanti. Enggak dong. Kamu harus mengaturnya seperti ini.

Pilahlah buku-buku tersebut dalam beberapa jenis. Ada buku yang lebih cocok untuk dibaca di malam hari saat sudah santai, kondisi sedang beristirahat, atau mau tidur. Misalnya, novel-novel fiksi. Sementara, ada buku-buku lain yang bisa kamu baca di siang hari, saat otak sedang dalam kondisi sangat aktif. Misalnya buku-buku nonfiksi, buku-buku yang lebih ‘berat’.

Nah, dengan membagi jenis buku yang dibaca tersebut, maka kamu akan bisa menyelesaikan lebih dari satu buku dalam satu waktu yang bersamaan.

Tetap Bisa Membaca Buku Meski Sibuk Luar Biasa? Coba 5 Tip Ini!

3. Tantang diri sendiri

Yup, tantangan pada diri sendiri kadang bisa banget untuk memacu kita melakukan hal yang lebih baik. Iya nggak sih? Termasuk dalam hal membaca buku.

Kamu bisa menantang diri sendiri untuk membaca buku sebanyak 50 halaman per hari misalnya, atau untuk menyelesaikan bab tertentu di antara jeda rutinitasmu yang super sibuk. Membaca sedikit lebih banyak setiap hari akan menambah jumlah buku yang sudah dibaca setiap tahun dari sebelumnya.

Kamu sudah punya akun Goodreads belum?

Goodreads juga menyediakan tantangan membaca buku lho, kamu bisa tantang dirimu sendiri pengin membaca berapa buku setiap tahunnya 🙂 Kamu bisa memulainya dengan 20 buku dulu setahun. Lalu semakin meningkat di tahun berikutnya. Setiap kali selesai membaca buku, post a review there. Rasakan kepuasannya saat challenge bar-nya mendekati 100% 🙂

Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas pembaca buku. Sudah pernah dengar quote, surround yourself with good people kan? Begitu pun dalam hal membaca buku. Kalau orang-orang di sekitarmu juga suka membaca buku, bukan tak mungkin kamu akan terpengaruh untuk ikut semangat membaca kan? Jadi coba cari komunitas pembaca yang pas untukmu sekarang ya.

4. Praktikkan metode fast-reading

Prinsipnya sederhana aja sih, kalau kamu pengin membaca buku lebih banyak dalam waktu singkat, coba praktikkan metode fast reading.

Ada beberapa teknik yang berbeda untuk fast-reading yang bisa kamu latih nih, Stilovers, yaitu kamu harus membaca dalam kelompok kata-kata atau frasa, dan bukan kata membaca per kata. Metode ini akan memaksa mata kamu untuk bergerak lebih cepat dengan memindahkan titik fokus di tiap halaman buku.

Ada juga metode fast reading yang lain, yaitu menahan napas dan lalu cobalah untuk menyelesaikan sebuah paragraf dalam setarikan napas tersebut. Teknik ini namanya sub-vokalisasi, yaitu teknik yang memungkinkan kita untuk “mendengar” kata-kata yang kita baca di dalam pikiran. Seolah-olah kita sedang berbicara dalam hati.

Tetap Bisa Membaca Buku Meski Sibuk Luar Biasa? Coba 5 Tip Ini!

5. Baca sebelum tidur

Membaca fiksi akan terasa lebih menyenangkan di malam hari, terutama sesaat sebelum tidur. Sudah baca artikel Stiletto mengenai meditasi dengan membaca buku fiksi ini kan?

Dengan membaca sesaat sebelum tidur ini, akan membuat tidurmu lebih nyenyak, selain tentu akan membantumu meluangkan waktu untuk membaca buku 🙂

Nah, itu dia beberapa cara meluangkan waktu untuk membaca buku, meski kamu punya segudang kesibukan, Stilovers.

Yuk, mulai praktikkan satu per satu triknya sekarang, dan kamu akan surprise sendiri nanti kalau ternyata kamu bisa menyelesaikan membaca begitu banyak buku meski kamu sibuk luar biasa.

Your Thoughts