10 Tip Sehat untuk Ibu Bekerja yang Selalu Supersibuk Mengurus Keluarga sekaligus Meniti Karier

Categories: Artikel, Parenting
No Comments

Agar keluarga dan karier tidak terbengkalai, baik tubuh dan jiwa seorang ibu bekerja harus dijaga kesehatannya. Ikuti tip sehat berikut ini yuk!

Karena, saat ini, perempuan tidak hanya diberi peran di ranah domestik. Ada banyak ibu keren yang mampu menyeimbangkan aktivitasnya di luar dan di dalam rumah. Membagi satu tubuh dan pikiran ke dua kegiatan yang berbeda dan penuh tuntutan, sebagai seorang ibu bekerja, tentu saja tidak mudah. Namun, kesehatan selalu menjadi kunci utama dalam beraktivitas.

Jika tubuh sehat, Bunda pun akan selalu siap untuk mengurus keluarga sekaligus meniti karier nan cemerlang. Meski mungkin akan sibuk sekali ya.

Nah, tip sehat untuk ibu bekerja yang supersibuk ini ternyata tidak membutuhkan usaha yang terlalu rumit lo. Kebanyakan ternyata bertumpu pada kegiatan sehari-hari yang sederhana.

10 Tip sehat untuk ibu bekerja yang supersibuk, sebagai ibu rumah tangga maupun sebagai wanita karier

Wahai, Ibu Bekerja, Berhenti Meragukan Dirimu Sendiri karena Kamu Punya 7 Hal Luar Biasa Ini!

1. Terapkan pola makan sehat

You are what you eat! Beruntung, belakangan ini kesadaran akan pola makan sehat semakin tinggi, dan pilihan aneka menu sehat pun semakin banyak.

Bunda bisa memulainya dari mengonsumsi cukup sayur, buah, dan protein setiap hari secara rutin.

2. Penuhi kebutuhan nutrisi tubuh

Tapi, menerapkan pola makan sehat saja ternyata enggak cukup, sebab terkadang ada beberapa nutrisi yang terlewat untuk dimakan. Zat seperti zinc, zat besi, atau berbagai jenis vitamin lainnya sangat penting bagi cadangan energi tubuh.

Agar tubuh Bunda tetap berenergi, sebaiknya konsumsilah juga vitamin sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui dosis vitamin yang tepat untuk tubuh Bunda ya.

3. Cukup asupan air

Mungkin tip sehat nomor tiga ini sudah sering Bunda dengar ya? Terasa klise dan umum sekali ya, selalu ada di tip sehat untuk siapa pun. Tetapi tubuh memang benar-benar membutuhkan asupan air yang cukup.

90% tubuh kita adalah air. Oleh sebab itu, pastikan Bunda mengonsumsi minimal 8 gelas air per hari. Akan butuh lebih banyak jika Bunda banyak beraktivitas di luar ruangan.

Agar Bunda enggak lupa, buatlah jadwal minum setiap satu atau dua jam sekali. Cukup minum air mineral pun dapat menjauhkan Bunda dari godaan minuman tidak sehat, seperti soda.

4. Rutin berolahraga

Bunda enggak perlu berolahraga yang terlalu berat dan lama kok.

Cukup olahraga ringan, seperti jogging atau bersepeda, selama 15-20 menit sehari. Atau Bunda bisa juga melakukan home workout yang sekarang lagi ngehits. Bunda bisa mencari video-video panduannya di Youtube, atau di Instagram.

Yoga? Bisa juga lo!

5. Tidur berkualitas

Nah, tip sehat kelima ini juga selalu ada di tip sehat untuk siapa pun, karena ini memang penting banget. Tidur adalah kunci! Tubuh sangat memerlukan waktu istirahat agar dapat kembali beraktivitas dengan segar.

Meskipun Bunda sangat sibuk, tetapi usahakanlah untuk tidur. Bukan sekadar tidur lo, tetapi tidur yang berkualitas.

Sebelum tidur, pastikan Bunda tidak terganggu oleh paparan sinar lampu dan gadget. Jika mengalami kesulitan untuk tidur cepat, Bunda bisa meminta bantuan masker tidur ataupun aromaterapi.

10 Tip Sehat untuk Ibu Bekerja yang Selalu Supersibuk Mengurus Keluarga sekaligus Meniti Karier

6. Menjaga prioritas

Saat Bunda harus memilih antara keluarga atau karier, pastikan Bunda memilih prioritas utama. Ingat ya, Bunda bukanlah Wonder Woman yang dapat melakukan semuanya, sendirian lagi.

Pertimbangkan dengan baik tugas mana yang jauh lebih penting untuk dikerjakan. Namun ingat, family is not important thing, it’s everything.

7. Membatasi konsumsi kafein

Kopi sering kali menjadi pilihan bagi siapa pun untuk “membangunkan” tubuh. Namun kebiasaan meminum minuman berkafein setiap hari ternyata tidak sehat bagi tubuh lo.

Sesaat setelah meminum kopi atau minuman berenergi, tubuh memang menjadi terasa penuh energi. Tetapi beberapa saat kemudian, tubuh akan menjadi lesu dengan cepat.

Jangan khawatir tubuh akan lesu setelah berhenti mengonsumsi kopi. Begitu terbiasa dengan kebiasaan dan tip sehat ini, maka dengan sendirinya tubuh akan mendapatkan banyak cadangan energi.

8. Hilangkan stres

Setiap orang memiliki cara melepaskan stres yang berbeda.

Ada beberapa ibu bekerja yang menjadikan yoga sebagai pelepas stres, ada pula yang memilih untuk membaca buku, menonton film, atau pergi ke salon.

Meskipun terkesan ini adalah tindakan yang tidak penting, tetapi melakukan kegiatan yang membuat Bunda senang ini ternyata penting dilakukan.

Saat Bunda rileks, maka tingkat stres dalam tubuh akan menurun. Jika seorang ibu bekerja tidak stres, berarti ia akan lebih siap untuk menghadapi tantangan selanjutnya.

9. Menjaga tali silaturahmi dengan keluarga dan teman

Keluarga dan teman bukan hanya tempat untuk meminta bantuan, ataupun sekadar berbagi kebahagiaan. Keluarga dan teman terbukti sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan mental, emosi, dan fisik.

Dengan menjaga tali silaturahmi dengan keluarga dan teman, seorang ibu bekerja akan mendapatkan banyak dukungan. Saat Bunda tersandung suatu masalah, keluarga dan teman selalu bisa dijadikan tempat untuk bercerita.

10. Beristirahat dari kesibukan

Jika fisik dan mental Bunda benar-benar terasa lelah untuk melanjutkan dua bidang tersebut, maka jangan ragu untuk mengambil langkah mundur.

Sesibuk apa pun seorang ibu bekerja yang merangkap sebagai ibu rumah tangga, kesehatan dan tubuh Bunda selalu jadi prioritas. Jika tubuh kurang fit, maka segala aktivitas akan terganggu, dan segala kenikmatan menjadi tidak terasa lagi. Ambillah satu atau dua hari untuk beristirahat total dari kepenatan.

Jauhkan pikiran Bunda dari segala tekanan, dan cobalah untuk menikmati hari ini serta berhenti mengkhawatirkan masa depan.

Kenapa Bunda Harus Bekerja
Kenapa Bunda Harus Bekerja?, oleh Santy Dwi Kristina

Selain 10 tip sehat untuk ibu bekerja supersibuk di atas, ikuti juga berbagai tip lain yang berguna banget agar bisa menjalani peran ibu bekerja yang waras dan bahagia, yang ada di buku Kenapa Bunda Harus Bekerja? yang ditulis oleh Bunda Santy Dwi Kristina.

Buku ini bisa didapatkan di toko-toko buku terdekat, ataupun bisa dipesan melalui marketplace terkenal seperti Tokopedia dan Shopee. Atau, untuk mendapatkan diskon khusus, Bunda dapat juga memesannya langsung ke Stiletto Book melalui WhatsApp.

Selamat mencoba berbagai tip sehat di atas ya, dan ingat, bahwa kesehatan kita adalah yang terpenting.

Your Thoughts