4 Cara Untuk Lebih Banyak Membaca Buku Tahun Ini

No Comments

Hai, Stilovers! Apa di awal tahun ini kemarin, kalian membuat resolusi untuk lebih banyak membaca buku? Sudah hampir pergantian tahun lagi, lo. Bagaimana resolusi membaca kalian itu?

Membaca adalah aktivitas personal—dan kalau terlalu sering bisa menjadi kebiasaan. Bagus kan?

Kalau kita terbiasa memilih buku yang ditulis oleh penulis yang sama, genre yang sama, atau direkomendasikan oleh orang yang sama maka akan muncul dua permasalahan. Satu, kalau kalian tidak membaca materi di luar comfort zone kalian, kalian tidak akan tahu buku-buku lain yang lebih bagus, lebih menantang dan lebih menarik. Dua, kalian tidak akan membaca sebanyak yang kalian inginkan karena, jujur saja, kalian pasti bosan!

Tapi ada beberapa cara mudah agar kalian bisa mencapai resolusi membaca buku kalian. Ya, kalau enggak tercapai tahun ini, bisa kamu jadikan sebagai resolusi tahun depan.

Pastikan kalian memilih buku yang menurut kalian penting, yang menarik perhatianmu, dan buku yang memberimu pengalaman baru serta membawamu menemui orang-orang baru—meskipun dalam bentuk karakter. Kalian pasti suka tip-tip di bawah ini.

4 Cara Membaca Buku Lebih Banyak

7 Tipe Pembaca Buku: yang Manakah Kamu?

Buat Book Blog atau Bookstagram

Salah satu cara untuk mengawasi buku-buku kesukaanmu dan menjadi bagian dari komunitas buku yang lebih besar adalah dengan membawa bacaanmu online.

Caranya adalah dengan membuat book blog atau akun Instagram yang membagi hal-hal mengenai buku, atau biasa disebut Bookstagram.

Menulis review buku atau membagi foto buku yang sedang kalian baca akan memberi kalian indikasi visual yang mudah diserap mengenai kesukaan kalian tentang membaca buku. Hal itu bisa membuat kalian punya motivasi untuk terus berbagi informasi mengenai buku dan membuat perubahan!

Keuntungan tambahan dari cara ini adalah kalian bisa melihat-lihat banyak book shelfies yang bisa jadi inspirasi dan motivasi untuk terus membaca.

4 Cara Untuk Lebih Banyak Membaca Buku Tahun Ini

Buat Komitmen TBR Bulanan

Kalian harus buat TBR atau To Be Read. Memikirkan resolusi tahunan membacamu di awal akan membantumu memilih buku yang sesuai dengan tujuanmu.

Mau bacaan yang segar? Tambah beberapa rilisan baru ke TBR-mu. Mau lebih banyak membaca buku nonfiksi? Pastikan buku seperti ini ada paling tidak satu di TBR bulananmu.

Tip utamanya adalah jujur. Jujur pada diri kalian sendiri tentang berapa banyak buku yang bisa kalian baca dalam satu bulan, jadi kalian bisa merencanakannya dengan tepat. Kalau rata-rata membaca 8 buku dalam satu bulan, sisakan 3 buku untuk buku yang dibeli secara impulsif, buku yang tidak sesuai dengan tujuan, atau buku yang dibaca ulang.

Dengan begitu kalian tidak akan terpaksa dengan aturan yang kalian buat, tapi masih tetap aktif membaca buku sesuai dengan kemauan.

Dedikasikan Lebih Banyak Waktu

Iya, kalian pasti sibuk. Siapa sih yang enggak? Hari gini, gitu lo! Semua orang pasti sibuk.

Iya, kalian pasti lebih suka untuk menutup hari dengan menonton film, atau mungkin malah langsung tidur. Tapi tahu nggak sih, satu-satunya cara untuk membaca buku dengan niat adalah dengan benar-benar membaca itu sendiri.

So, cari waktu di mana kalian melakukan hal-hal yang kurang produktif (scroll Instagram atau Twitter ratusan kali dalam satu jam, tiduran, atau menonton ulang Game of Thrones adalah beberapa contohnya), lalu tukar kegiatan itu dengan membaca buku.

Jangan salah, kalian enggak perlu menyisihkan jam tertentu untuk membaca kok. Membacalah kapan saja. Kalian bisa membaca buku saat sarapan, saat naik transportasi umum, saat makan siang, saat berendam, dan 15 menit sebelum tidur. Sedikit waktu-waktu itu bisa menambah banyak lo!

8 Alasan Mengapa Orang yang Suka Baca Buku Berpeluang Meraih Sukses Lebih Besar

Ikut Book Club

Jelas sekali kan kalau komunitas memiliki peran besar dalam menantang diri kalian untuk membaca buku lebih luas.

Namun keluarga online dari pembaca lain bukan satu-satunya sumber. Kalau kalian lebih mencari aspek sosial, ikuti book club. Biasanya setiap book club memiliki kegiatan kopi darat beberapa kali setiap bulannya.

Coba temukan komunitas buku yang pas untukmu. Online banyak, offline juga tak kalah banyak. Dan, sering-seringlah menghadiri event-event buku di kotamu.

Dengan 4 cara ini, jamin deh. Resolusi membaca buku kalian tahun depan pasti akan lebih mudah untuk dilalui. Asal diingat saja, don’t put off reading.

Semangat, Stilovers

Your Thoughts