Blog Buku – Pamerkan Minat Bacamu dengan 5 Tip Ini!

No Comments

Kamu kutu buku? Terus, pernahkah saat selesai membaca sebuah buku yang menarik, kamu lalu pengin banget membahasnya dengan orang lain? Atau, kamu baru saja membaca buku yang saking kerennya, sehingga kamu pingin merekomendasikannya pada orang lain? Kalau iya, mungkin ada baiknya, kamu mulai membuat sebuah blog buku.

Book blogging merupakan cara yang menyenangkan untuk berhubungan dengan pecinta buku di seluruh Indonesia, bahkan dunia lo!

Lalu, gimana caranya memulai sebuah blog buku? Nih, Stiletto ada tip-tip gimana memulai sebuah blog buku dengan asyik. Simak sampai selesai ya.

5 Tip Memulai Blog Buku

Menulis Resensi Buku - blog buku

1 . Mulailah dengan mencari nama keren untuk blog buku kamu

Kamu bisa menamai blogmu dengan namamu sendiri yang disertai dengan sesuatu yang berhubungan dengan buku. Misal: Dewi Books, atau DewiReads.

Atau ciptakan nama yang sesuai tujuanmu untuk menulis blog buku. Sebagai contoh, Chicklish mendapat namanya dari asal-usulnya sebagai situs review untuk buku komedi romantis untuk remaja (chicklit).

Beberapa contoh nama blog yang ada buku lain yang bisa membantumu untuk nama blog kamu sendiri misalnya:

  • Wondrous Reads
  • I Want To Read That
  • Serendipity Reviews
  • Bookhi
  • Bookster Reviews

Dan masih banyak lagi. Kamu bisa gugling untuk mendapatkan ide nama ini, lalu ulik-ulik kata-katanya sampai ketemu yang benar-benar kamu suka dan pas mewakili siapa dirimu.

2. Tentukan platform blogging

Dua platform blog gratisan yang paling populer adalah Blogger/Blogspot dan WordPress. Namun banyak juga yang menggunakan Typepad ataupun Tumblr.

Ini sih sepertinya masalah preferensi saja sih. Yang pasti, gunakan platform yang paling familier untukmu, karena masing-masing platform ada plus dan minusnya.

3. Kunjungi beberapa blog buku yang sudah ada sebagai referensi

Ada beberapa blog buku keren yang bisa kamu jadikan acuan, baik secara konten blog maupun desain blognya. Misalnya seperti:

  • The Bookwheel Blog (http://www.thebookwheelblog.com/)
  • Bookalicious Babe (http://bookaliciousbabe.blogspot.com/)
  • Deliberate Reader (http://deliberatereader.com/)
  • The Bookie Looker (http://www.thebookielooker.com/)
  • Lensa Buku (http://www.lensabuku.com/)

Kamu bisa gugling untuk menemukan referensi lainnya.

Blog Buku - Pamerkan Minat Bacamu dengan 5 Tip Ini!
Kamu bisa mulai menulis dengan resensi buku-buku Stiletto

4. Mulai ngeblog!

Sekarang kalau kamu sudah punya blog, maka saatnya mengisinya dengan resensi buku-buku kesayanganmu.

Bagaimana memulai resensi, kamu bisa intip tip meresensi buku ala Stiletto di sini. Jangan lupa untuk membuat halaman ‘Tentang Saya’ atau About Me, yang memungkinkanmu bisa memperkenalkan diri dan tujuanmu menulis blog buku tersebut.

Atau kamu bisa juga menyertakan halaman ‘Policy’, tempat kamu menguraikan apakah kamu menerima buku dari penulis dan penerbit untuk direview atau diresensi, dan apa jenis buku yang bagaimana yang kamu review (sebutkan genrenya dan juga format – misalnya jika kamu juga menerima ebook).

Berikan email kontakmu di sidebar blog, supaya orang bisa dengan mudah menghubungimu.

Yang pertama kali, mulailah dengan melihat-lihat lagi koleksi bukumu. Kamu pengin menulis tentang buku yang baru saja kamu baca, atau menulis tentang buku-buku yang ingin kamu baca, ataukah buku-buku lawas yang menjadi koleksimu.

Kalau kamu mulai kehabisan isi rak buku dan juga wishlist-mu, kamu tetap bisa dengan mudah meminjam buku dari perpustakaan. Penerbit dan/atau penulis mungkin juga bisa menawarimu untuk me-review buku mereka. Tapi ada baiknya, kamu memulai dengan buku-buku yang koleksimu sendiri dulu.

5. Gaul dengan sesama bloger buku

Misalnya, kamu bergabung dengan komunitas pembaca buku, contohnya yang ada di Facebook. Sebelum ikut bergabung, kamu bisa melihat-lihat dulu semua persyaratan yang mereka ajukan. Ketika sudah bergabung, tentunya kamu harus mematuhi semua aturan mainnya.

Atau kamu juga bisa saling follow dengan bookstagrammer di Instagram. Bertegursapalah dengan mereka, dan saling tukar informasi buku. Siapa tahu kalau mereka lagi bikin giveaway, kamu kecipratan jadi pemenang. 😀

Banyak banget manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan bergabung ke komunitas hobi atau dengan orang-orang sehobi semacam ini. Pengetahuanmu semakin luas, dan kamu juga akan bisa menambah teman.

Yang terpenting dari semuanya adalah, HAVE FUN! Namanya juga hobi, maka kamu harus melakukannya dengan happy. Jangan sampai membebani, enjoy it!

Nah, kalau kamu sudah memulai blog buku kamu dan mulai meresensi buku, jangan lupa meresensi buku Stiletto juga ya. 😀 Dan jangan lupa colek-colek Stiletto di Instagram.

Have a nice read, everyone!

Your Thoughts